CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Monday, February 8, 2010

KELEBIHAN WEB 2.0...

-Aplikasi berbasis web dan desktop
AJAX menyediakan pengalaman user yang lebih kaya, dengan mengembangkan web-sites yang meniru aplikasi pada PC seperti pemrosesan kata, spreadsheet, presentasi slide show.

-Beberapa browser berbasis OS atau â€oeonline desktop― juga dimunculkan. Browser-browser tersebut difungsikan sebagai application platforms, bukan sebagai Operating System. Pada tahun 2005, WebEx menjadi salah satu yang banyak digunakan orang.

-Rich internet applications
Teknik aplikasi yang digunakan mulai dari Ajax, Adobe Flash, Nexaweb, OpenLaszlo dan Silverlight. Semuanya dijamin meningkatkan pengalaman user pada aplikasi berbasis browser. Teknologi-teknologi tadi memungkinkan web-page untuk meminta update konten-konten tertentu, lalu merubahnya di browser, tanpa harus me-refresh  seluruh halaman sekaligus.

-Server-side software
Pada dasarnya, aplikasi web 2.0 dibangun dari arsitektur web server yang sudah ada, tapi lebih bergantung pada software back-end (untuk proses output-nya).

-Client-side software
Fungsi ekstra yang sediakan oleh Web 2.0 tergantung dari kemampuan user untuk bekerja dengan data yang disimpan http://www.itkomputer.com - Kursus komputer Powered by Mambo Generated:9 February, 2010, 02:01 di server. Hal ini bisa lewat HTML, Javascript, Flash, Silverlight, atau Java. Metode ini memungkinkan client mengurangi kerja server dan meningkatkan responsivitas aplikasi.

-XML dan RSS
Web 2.0 ini mempunyai protokol yang terstandarisasi, yang memberikan keleluasaan bagi end-user untuk menggunakan data situs di konteks lain (seperti website lain, browser plugin, atau aplikasi desktop yang terpisah). Protokol yang memberikan keleluasaan sindikasi termasuk RSS (Really Simple Syndication – disebut juga Web Syndication), RDF, dan Atom, dimana semuanya berbasis XML.

-Protokol yang terspesialisasi
Protokol yang terspesialisasi seperti FOAF dan XFN melebarkan fungsi situs atau mengijinkan end-user untuk berinteraksi tanpa menggunakan website sentralnya.

-Web protokol
Protokol utamanya adalah: REST (Representational State Transfer) – cara mengakses dan memanipulasi data pada server menggunakan kata-kata pada HTTP seperti GET, POST, PUT dan DELETE – dan SOAP yang meliputi POSTing pesan XML dan me-request ke server .

-Teknologi seperti on-demand video, file-sharing, blogs, wiki, dan podcasting sangat popular di dunia pelajar dan pendidik. Pengguna teknologi ini harus berterima kasih pada web 2.0 yang telah memajukan lingkungan languagelearning. Negara-negara seperti Inggris, Jepang, dan India berfokus pada pengembangan teknologi ini.

Rujukan: http://www.itkomputer.com

0 comments: